DPRD Blora Kunker ke DPRD Jabar, Konsultasi Pengawasan Pembangunan

Bandung, Sebelas12 – Pimpinan DPRD Provinsi Jawa Barat, Irfan Suryanagara menerima kunjungan kerja DPRD Kabupaten Blora di Ruang Banmus DPRD Provinsi Jawa Barat, Kamis (15/3/2018).

Kunjungan kerja (kunker) tersebut dilaksanakan dalam rangka konsultasi terkait pengawasan pembangunan yang dilakukan oleh Lembaga DPRD.

Ketua DPRD Kabupaten Blora, Bambang Susilo mengatakan, kunjungan yang dilakukan oleh DPRD Kabupaten Blora selain sebagai ajang silaturahmi juga dimanfaatkan sebagai sarana konsultasi terkait fungsi pengawasan. “Kunjungan ini kami manfaatkan untuk menyerap ide-ide cerdas dari program pemerintah Provinsi Jawa Barat,” kata Bambang.

Selain itu dalam kesempatan tersebut juga membahas terkait teknologi pengawasan pembangunan yang dilakukan oleh DPRD. “Setelah ini kita akan melakukan koordinasi dengan pemerintah kabupaten dan SKPD terkait. Hal pertama kita akan menjalin komunikasi dan hubungan yang baik dengan eksekutif. Saya kira masukan ini sangat positif,” katanya.

Sementara itu Pimpinan DPRD Provinsi Jawa Barat, Irfan Suryanagara dalam kesempatan tersebut menjelaskan, bahwa bentuk pengawasan pembangunan infrastruktur yang dilakukan oleh DPRD terwujud dalam pengawasan politis. Pengawasan politis tersebut menurut Irfan lebih fokus pada dampak politis di masyarakat.

“Yang dimaksudkan pengawasan oleh DPRD itu bukan pengawasan teknis, itu yang sering salah kaprah,” jelasnya.

Dirinya mencontohkan salah satu dampak politis yaitu terkait respon atau kepuasan masyarakat terhadap pembangunan infrastruktur. “Dampak dan akibat yang dikerjakannya apa, akibat jalan yang dikerjakan tidak sesuai spesifikasi mengakibatkan kerusakan, akibatnya muncul keresahan dari masyarakat. Mulai dari situlah tugas pengawasan oleh DPRD,” pungkasnya. (*Red)

Related posts

Leave a Comment