Hasil Penyaringan Tim Verifikasi, Kota Bandung Masuk Nominasi RKCI 2019

Bandung, Sebelas12 – Setelah melalui proses penyaringan oleh Tim Verifikasi Rating Kota Cerdas Indonesia (RKCI), dari 93 Kota di Indonesia Kota Bandung terpilih menjadi nomine RKCI 2019.

Hal tersebut diungkapkan Wali Kota Bandung, Oded M.Danial bersama Diskominfo Kota Bandung, saat menerima audiensi Tim Riset RKCI 2019 di Balai Kota Bandung, Senin (28/10/2019).

Oded menyambut gembira Kota Bandung masuk nomine RKCI yang ke-3. “Alhamdulillah Kota Bandung menjadi nomine,” katanya.

Untuk diketahui, RKCI merupakan kegiatan yang diselenggarakan oleh Institut Teknologi Bandung (ITB) yang bekerja sama dengan akademisi dan pihak lainnya. Ajang ini digelar setiap dua tahun sekali.

Tujuannya mengetahui proses implementasi Kota Cerdas setiap kota di Indonesia, serta memetakan sejauh mana inovasi daerah dalam mengelola sebuah kota.

Tim Peneliti Utama RKCI, Hendra Sandi Firmansyah mengatakan, pihaknya mencoba menilai proses implementasi Kota Cerdas atau inisiasi Kota Cerdas.

“Kami menilai dari 93 kota, disaring menjadi 30 dan dipersempit lagi menjadi 10, yang kami evaluasi ada banyak indikatornya,” katanya.

Menurut Hendra, indikator yang dimaksud seperti proses pengelolaan kota cerdas, Sumber Daya Manusia (SDM), layanan bidang ekonomi, sosial, dan pendidikan.

“Untuk hasilnya belum keluar, masih dalam penilaian, dari kategorinya, ada bagaimana pengelolaannya, digitalisasinya, infrastrukturnya. Kota besar yang masuk nominasi, seperti Surabaya dan Semarang. Untuk kota kecil, ada Pariaman dan Manado,” katanya. (*Red)

Related posts

Leave a Comment