Pansus IV DPRD Jabar Kaji Pembebasan Biaya Pengobatan Kesehatan Jiwa

Bandung, Sebelas12 – Indikator kemajuan suatu daerah dilihat dari Indek Pembangunan Manusia (IPM) yang terdiri dari tiga komponen, yaitu kesehatan, pendidikan dan daya beli/ekonomi.

Pemerintah daerah Provinsi Jawa Barat dalam upaya memberikan pelayanan kepada masyarakat akan memberikan layanan kesehatan yang ditanggung pemerintah.

Berkaitan dengan hal tersebut Ketua Pansus IV DPRD Provinsi Jawa Barat, Daddy Rohanady mengatakan pihaknya akan mengkaji terkait usulan pembebasan biaya kesehatan jiwa bagi Orang Dengan Masalah Kejiwaan (ODMK) dan Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) di Provinsi Jawa Barat.

“Kita ingin memasukan hal ini dalam Raperda, kalau bisa digratiskan secara total kita gratiskan,” ujar Daddy kepada wartawan, Kamis (11/7/2019).

Menurutnya hampir 2.000 pasien pertahun melakukan rawat inap dan sekitar 35.000 pasien melakukan rawat jalan di Rumah Sakit Jiwa Provinsi Jawa Barat. Ia menilai, jumlah tersebut cukup besar sehingga pelayanan yang harus diberikan pun cukup banyak.

“Kita ingin tak cuma mengurangi tapi menyembuhkan orang dari penyakit yang luar biasa. Kita ingin (mereka) sehat seperti sediakala, tetapi hal tersebut membutuhkan biaya,” tuturnya.

Daddy menambahkan, SDM harus dibenahi, kemudian pembiayaan gratis mutlak, dan urusan lain-lainnya pihaknya akan mencoba dibicarakan.

“Untuk selanjutnya kita akan gali lebih dalam sehingga kajiannya akan lebih komprehensif,”pungkasnya. (*Red)

Related posts

Leave a Comment