Pansus VII DPRD Jabar Kunker ke Situ Cisanti

Bandung, Sebelas12 – Pimpinan dan Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Jawa Barat adakan kunjungan kerja (kunker) melaksanakan peninjauan ke lokasi Situ Cisanti.

Situ Cisanti yang merupakan Hulu Sungai Citarum yang terletak di daerah Kertasari Kabupaten Bandung, dinilai  bisa menjadi prototype sungai yang ada di Jawa Barat.

Situ yang memiliki luas 5 hektar ini sumber mata airnya tetap mengalir dengan alam di sekelilingnya, tidak rusak sehingga keberadaan situnya tetap bersih dan jernih.

Hal tersebut diungkapkan anggota Panitia Khusus (Pansus) VII DPRD Provinsi Jawa Barat Hasbulah Rahmad yang tengah menyusun Raperda Perubahan RTRW Provinsi  Jawa Barat.

“Konsep yang bisa diadopsi, di sekelilingnya harus hijau dan tidak ada alih fungsi dari hutan menjadi palawija,” kata Hasbulah, saat Pimpinan dan anggota Pansus VII mengunjungi Situ Cisanti di Kabupaten Bandung, Kamis (8/8/2019).

Sementara itu Ketua Pansus VII Herlas Juniar mengatakan kolaborasi yang baik dalam penanganan Situ Cisanti bisa menjadi contoh untuk diterapkan di situ yang lain.

“Mudah-mudahan di tempat lain ini bisa diterapkan, sehingga kaitan dengan mata air, bisa kita jaga bersama karena air merupakan hajat hidup kita bersama,” pungkas Herlas. (*Red) 

Related posts

Leave a Comment