Program Kang Pisman Tarik Perhatian Menkominfo

Bandung, Sebelas12 – Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung telah menggulirkan Program Kurangi, Pisahkan dan Manfaatkan (Kang Pisman). Ternyata program ini menarik perhatian Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) RI, Rudiantara.

Ia optimis, Kang Pisman dapat menyelesaikan permasalahan sampah di Kota Bandung. “Jika warga Kota Bandung mendukungnya, saya yakin maju (Kang Pisman),” kata Rudiantara saat bertemu Wali Kota Bandung, Ode M. Danial di Pendopo Kota Bandung, Sabtu (14/9/2019).

Rudiantara bahkan membuka peluang adanya pemanfaatan teknologi untuk pengangkutan sampah di Kota Bandung.

“Bagaimana mengelola sampah, yang biasanya mobil secara regular datang ke tempat penampungan sampah. Nah sekarang bisa ‘base on request’. Itu gampang tinggal bikin aplikasinya, sehingga bisa lebih efisien,” ujarnya.

Jika dibuat aplikasi, lanjutnya, sehingga mobil atau truk yang mengangkut sampah itu tidak perlu keliling sesuai jalur, tetapi sesuai pesanan sampah yang banyak bisa didahulukan. Sampah yang sedikit bisa diangkut belakangan.

“Kalau sesuai jalur, belum tentu tempat pembuangannya sedikit atau banyak. Kita buat aplikasi sehingga bisa kordinasi mana sampah yang diangkut dahulu. Kita buat cara waktu yang efisien. Jadi jalan prioritas yang sampahnya banyak itu harus di awal, yang sedikit belakangan,” jelasnya.

Pada kesempatan itu, Wali Kota Bandung, Oded M Danial memang meminta dukungan pemerintah pusat terkait gerakan Kang Pisman.

“Jadi gerakan yang memilah dan memilih sampah mulai dari sumbernya. Ya kita harap dukungan dari pak menteri mengenai gerakan ini,” aku Oded. (*Red)

Related posts

Leave a Comment