Jelang Natal, Tim Jibom Brimob Polda Jabar Bersama Polrestabers Bandung Sterilkan Gereja

Bandung, Sebelas12 – Menjelang perayaan Hari Natal 2019, Tim Jibom Brimob Polda Jabar bersama Polrestabes Bandung melakukan sterilisasi gereja di Kota Bandung, Selasa (24/12/2019).

Salah satu gereja yang disterilisasi, yaitu gereja Katedral yang berada di Jalan Jawa, Kota Bandung. Personel Jibom melakukan penyisiran di luar gereja, yang dilanjutkan ke dalam gereja. Mereka kemudian menyisir setiap sudut-sudut gereja, dengan menggunakan metal detector dan mirror detector.

Setelah penyisiran dilakukan, kemudian tim dari Pengamanan Objek Vital (PAM Obvit) memasang secdoor di pintu-pintu gereja. Penyisiran langsung dipimpin Kabag Ops Polrestabes Bandung, AKBP Widodo.

“Ini bentuk dari pemenuhan SOP sebagaimana yang harus dilaksanakan oleh kepolisian untuk memberikan rasa aman, rasa nyaman kepada para jemaah sehingga lokasi ini bisa digunakan untuk pelaksanaan Natal,” kata Widodo usai penyisiran.

Ia menyebutkan, penyisiran dilakukan di 12 gereja prioritas dalam hal ini yang jemaahnya berjumlah besar. Selain telah dilakukan penyisiran, pihak kepolisian juga akan menempatkan personel pengamanan.

“Pola pengamanan kami lakukan terbuka dan tertutup serta ada tiga ring pengamanan, mulai dari area dalam ring satu, area di sekitar luar ring dua dan lalu lintas ring tiga. Untuk jumlah personel yang disiapkan di tiap gereja berbeda,” katanya.

Tiap personel yang berjaga di gereja nantinya akan melakukan pemeriksaan terhadap setiap masyarakat yang datang. Pengamanannya juga nanti akan melibat pengamanan dari pihak gereja. (*Red)

Related posts

Leave a Comment